Penemu Korea, Keturunan Beruang?

TERKINNI.COM – Dangun Wanggeom, seseorang yang dipercaya sebagai penemu semenanjung Korea. Dia merupakan pemimpin pertama dari Gojoseon. Menurut mitologi Korea, yang tertulis dalam Samgukyusa (Riwayat Tiga Kerajaan) oleh Ilyeon, Dangun merupakan anak dari dewa dan seekor beruang. Ingin tahu kisahnya? Simak terus penjelasannya. 

Hwanin, dewa yang tinggal di kayangan, memiliki anak yang bernama Hwanung. Memiliki ketertarikan dengan bumi, Hwanung meminta ayahnya untuk pergi turun ke bumi. Kemudian Hwanung diperbolehkan turun ke bumi dan ayahnya membekali 3000 pengikut serta angin, hujan dan awan untuk membuat kerajaannya di bumi.

Di bumi terdapat seekor harimau dan seekor beruang yang berdua kepada Hwanung agar mereka dapat berubah menjadi manusia. Hwanung akan mengabulkan syarat tersebut jika mereka dapat bertahan 100 hari di dalam gue dengan hanya memakan satu ikat mugwort dan 20 siung bawang putih. Jika keduanya berhasil menyelesaikan syarat tersebut, Hwanung akan mengubah keduanya menjadi manusia.

Cr. ggc.ggcf.kr

Setelah itu, keduanya masuk ke dalam gua. Sayangnya, belum selesai 100 hari, harimau menyerah karena tidak kuat akan rasa lapar. Berbeda dengan harimau, beruang dapat menyelesaikan syarat tersebut dengan baik. Karena beruang dapat menyelesaikan misinya, sesuai dengan janji Hwanung, dia berubah menjadi seorang perempuan yang bernama Ungnyeo. 

Namun Ungnyeo merasa kesepian karena dia merupakan manusia satu-satunya. Kemudian dia kembali berdoa kepada Hwanung untuk memberikannya pasangan. Hwanung kembali mengabulkan keinginan Ungnyeo dengan mengubah dirinya sendiri menjadi seorang manusia dan kemudian menikahi Ungnyeo. Keduanya dikaruniai seorang anak yang bernama Dangun. 

Itu dia kisah lahirnya penemu Korea, Dangun Wanggeom. Sobat Terkinni ingin tahu sejarah Korea lainnya? Bisa banget lho, tapi jangan lupa komen ya!

Latest articles

Related articles

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x