Mengenal Standar Kecantikan Korea yang Dianggap Tak Masuk Akal

TERKINNI.COM – Sobat Terkinni tahu gak sih, kenapa di Korea Selatan sangat lazim melakukan operasi plastik? Hal ini tidak lepas dari standar kecantikan yang terbentuk di masyarakat Korea. Bahkan standar kecantikan Korea lebih ketat dibandingkan negara barat. Lantas bagaimana standar kecantikan yang berlaku di Korea?

Cr. Orami

1. Kulit Lebih Cerah

2. Tubuh Ramping

3. Wajah Kecil 

4. Kelopak Mata Ganda dan Mata Besar

5. Hidung Mancung

6. Aegyo Sal

7. Bibir kecil

8. Gigi Rata

Menurut sebuah penelitian, ternyata ada dua alasan mengapa standar kecantikan Korea dapat seketat ini. Standar kecantikan Korea saat ini dipengaruhi oleh Ideologi Neo-konfusianisme dan Idealisme Barat.

Neo-konfusianisme tidak hanya sekedar agama melainkan ideologi. Berkembangnya nilai-nilai tentang Wanita ideal, dimana wanita yang baik adalah wanita yang melayani keluarganya di rumah. Kulitnya putih karena tidak terkena sinar matahari, sementara wanita yang kulitnya tidak putih dianggap melakukan penyimpangan. Standar kecantikan wanita juga dipengaruhi oleh kepercayaan terhadap fitur-fitur wajah yang melambangkan kemakmuran. 

Ternyata standar kecantikan Korea juga dipengaruhi oleh idealisme barat. Akses terhadap media barat sangat mempengaruhi masuknya idealisme barat ke Korea, salah satunya adalah melalui acara Miss Universe. Hal ini membuat orang Korea memiliki gambaran bahwa cantik itu seperti orang barat yang memiliki kulit putih, tubuh ramping, mata besar dan lainnya. 

Namun ditengah gempuran standar kecantikan yang dianggap terlalu ketat, standar kecantikan Korea mulai bergeser. Hal ini diakibatkan oleh standar kecantikan barat yang kini juga telah bergeser. Dimana kecantikan tidak lagi dilihat dari warna kulit, tubuh ramping dan kaki jenjang. Tidak hanya itu, dengan munculnya banyak idola-idola baru yang dianggap mendobrak standar kecantikan Korea seperti Hwasa MAMAMOO, Jennie Blackpink, hingga Joy Red Velvet membuat standar kecantikan Korea tidak seketat dulu. 

Latest articles

Related articles

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x