Yuk Ketahui Urutan Dinasti di Korea!

TERKINNI.COM – Dinasti di Korea ternyata memiliki sejarah yang panjang lho! Bahkan diketahui, dinasti pertama Korea muncul pada abad 2333 SM. Bahkan memiliki salah satu dinasti yang terluas yaitu Goguryeo, dimana mereka berhasil memperluas kerajaannya sampai ke Manchuria dan Mongolia. Nah yuk kita bahas tentang urutan kerajaan yang pernah berkuasa di Korea!

Gojoseon (2333 SM – 108 SM)

Cr. Wikipedia

Gojoseon merupakan dinasti pertama Korea yang didirikan oleh Dangun Wanggeom yang merupakan anak titisan dewa dan beruang. Namun para peneliti masih berbeda pendapat terkait kapan tepatnya berdirinya Gojoseon. Dinasti ini mengalami kenaikan pada abad ke-5 M dan mengakibatkan perselisihan dengan Dinasti Han. Sehingga Gojoseon berhasil dilumpuhkan dan muncullah tiga kerajaan. 

Pra Tiga Kerajaan (239 SM – 494 M)

Pada masa ini muncul dua kerajaan yaitu Buyeo dan Samhan. Meski tidak ada bukti kuat tentang keberadaan Buyeo, namun Buyeo dipercaya berkembang sejak 2 M – 494 M di kawasan Korea Utara. Sementara Samhan merupakan gabungan dari tiga negara yaitu Manhan, Jinhan, Byeonhan. 

Periode Tiga Kerajaan (57 SM – 935 M)

Cr. Wikipedia

Periode Tiga Kerajaan terdiri dari Silla, Baekje dan Goguryeo. Silla berdiri sejak tahun 57 SM dari sebuah kerajaan di Samhan dan berkembang menjadi kerajaan kuat pada abad ke 2. Silla sering terlibat konflik dengan Goguryeo, Baekje dan Jepang. Baekje merupakan kerajaan yang berasal dari Mahan dan berhasil menjadi negara yang cukup kuat. Sayangnya, Baekje harus dilumpuhkan Silla yang bekerja sama dengan dinasti Tang dari Cina. Goguryeo merupakan kerajaan terbesar diantara tiga kerajaan yang didirikan pada 37 M oleh Jumong. Goguryeo terus memperluas kerajaannya hingga ke Manchuria dan Mongolia, bahkan mengambil alih hanyang dari Silla. Namun Silla dan dinasti Tang bekerja sama dan berhasil meruntuhkan Goguryeo pada 667 M. Di masa tiga kerajaan ada kerajaan lainnya yaitu, Gaya dan Balhae namun keduanya harus takluk oleh Silla dan Khitan dari Cina.

Goryeo (918 M – 1392 M)

Cr. KTO

Goguryeo berdiri pada tahun 918 oleh Raja Taejo. Goryeo berhasil menumbangkan tiga kerajaan, Silla, Baekje dan Goguryeo. Kerajaan ini sering berperang dengan Mongol dimana mereka sering menginvasi Goryeo untuk merebut wilayah Goryeo. Setelah 40 tahun, akhirnya mereka membuat perjanjian damai dengan Mongol. 

Joseon (1392 M – 1910 M) 

Cr. Hop.ID

Joseon merupakan salah satu kerajaan terlama di Korea. Didirikan oleh Jenderal Yi Seong Gye. Pada masa Joseon Korea mengalami perkembangan yang signifikan di bidang keilmuan dan budaya. Bahkan Joseon menjadi negara dengan masa pemerintahaan terpanjang terpanjang di Asia Timur. Namun sayangnya di era pemerintahan Raja Gojong dan Sunjong, Korea berhasil diduduki oleh kekaisaran Jepang.

Latest articles

Related articles

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x