Mengintip Makanan Raja Joseon, Harus ada 12 Jenis Makanan!

More articles

TERKINNI.COM – Dinasti Joseon merupakan puncak budaya kerajaan dalam sejarah Korea. Makanan raja menjadi intisari budaya makanan tradisional di Korea. Makanan yang disajikan untuk raja disiapkan oleh juru masak terbaik di istana dengan bahan-bahan berkualitas yang diperoleh dari seluruh Korea. 

Resep makanan kerajaan diturunkan dari mulut ke mulut juru masak istana dan keturunan kerajaan selama beberapa generasi, serta dalam catatan tertulis tentang pesta kerajaan. Salah satunya adalah catatan yang ditemukan di “Wonhaeng Eulmyo Jeongni Uigwe” sebuah catatan tentang protokol kerajaan dalam prosesi pesta raja  yang ditulis pada 1795. 

Cr. KTO

Meja makan kerajaan disebut surasang berisi 12 hidangan, termasuk nasi dan sup, rebusan, hot pot, kimchi, dan saus. Surasang terbagi menjadi tiga bagian yaitu  daewonban (meja utama), gyeotban (meja bundar kecil), dan chaeksangban (meja persegi).

Cr. KTO

Makanan kerajaan disiapkan oleh pelayan istana yang diberi pelatihan ketat tentang memasak sejak usia dini. Berbagai macam masakan kerajaan dibuat dengan metode memasak yang beragam, karena makanan disiapkan menggunakan bahan-bahan musiman segar dan makanan khas lokal, termasuk makanan laut, daging, sayuran, dan biji-bijian. 

Makanan raja sengaja dibuat kurang berbumbu. Makanan dengan rasa asin, pedas atau bau yang kuat sangat dihindari. Agar makanan dapat memberikan rasa alami dari bahan yang digunakan.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x