Alasan Orang Korea Lebih Suka Pakai Sumpit Sumpit Metal daripada Sumpit Kayu

More articles

TERKINNI.COM – Sobat Terkinni! Kalian tentu sering melihat cara makan orang Korea melalui drama maupun film. Yap, orang Korea makan menggunakan sumpit yang terbuat dari metal dan jarang menggunakan sumpit yang terbuat dari kayu. Sebenarnya ada alasan tertentu gak sih? kenapa  orang Korea lebih suka menggunakan sumpit metal? Ternyata ada alasannya, lho!

Awalnya Menggunakan Sumpit Bambu

Cr. Aliexpress

Awalnya orang Korea menggunakan sumpit kayu seperti Tiongkok, namun ditemukan sebuah sumpit yang terbuat dari metal di sebuah makam raja Muryeong Baekje yang meninggal pada tahun 532. Peralihan dari sumpit kayu ke sumpit metal diperkirakan saat masa ini. Diawali oleh para bangsawan-bangsawan yang menggunakan sumpit yang terbuat dari perak, kemudian masyarakat kelas menengah menerapkan budaya tersebut dengan membuat sumpit yang terbuat dari bahan yang lebih murah.

Untuk Pertahanan Diri

Cr. Kocis.go.kr

Raja dan Bangsawan di Korea pada masa Baekje menggunakan sumpit sebagai pertahanan diri mereka. Mereka menggunakan alat makan yang terbuat dari perak untuk mengetahui apakah makanan mereka mengandung racun atau tidak. Alat makan yang terbuat dari perak akan berubah warna menjadi hitam jika terkena racun akibat reaksi kimia. Penggunaan racun pada makanan biasa digunakan untuk membunuh lawan dalam dunia politik maupun perebutan tahta sehingga mereka harus mencegah hal tersebut. 

Lebih Higienis

Cr. ROAexpo

Sumpit kayu dikatakan lebih higienis dibandingkan dengan sumpit kayu. Hal ini dikarenakan sumpit metal lebih mudah dibersihkan dibandingkan sumpit kayu. Sumpit yang terbuat dari metal dapat dibersihkan dengan suhu tinggi dan kering lebih cepat. Tidak hanya itu, sumpit metal juga lebih kuat dan tahan lama. Sumpit yang terbuat dari kayu akan keropos ketika terkena air liur, sehingga tidak tahan lama.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x