Hal-hal yang Harus Kamu Ketahui Saat Makan Bersama Orang Korea

More articles

TERKINNI.COM – Setiap negara punya budaya yang berbeda-beda. Budaya dan etika merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, karena dengan etika yang baik akan muncul budaya yang baik juga, termasuk juga budaya makan. Di Indonesia, kamu tidak boleh makan sambil mengeluarkan suara atau yang disebut ngecap karena dianggap tidak sopan. Nah, orang Korea juga memiliki etika dalam menyantap makanan. Oleh karena itu, jika kita sedang bersama orang Korea, kita harus tetap beretika, begitu pula sebaliknya. Ingin tahu apa saja yang harus kita perhatikan? Simak berikut ini.

Mengucapkan Terima Kasih Sebelum dan Sesudah Makan

Kamu pasti sudah sering lihat, kalau orang Korea diundang untuk makan atau makan di restoran pasti sebelum makan selalu bilang 잘먹겠습니다 (jal-mog-kaes-seub-ni-da) yang artinya selamat makan. Ketika selesai makan, mereka akan mengucapkan 잘먹었습니다 (jal-mo-gos-seub-ni-da) atau terima kasih atas makanannya. Mengatakan keduanya merupakan salah satu cara berterima kasih atas makanan yang diberikan. 

Menyiapkan Alat Makan untuk yang Lebih Tua

Sudah menjadi kebiasaan di Korea, dimana orang yang lebih muda akan menyiapkan alat makan bagi yang lebih tua. Ini merupakan bentuk kesopanan sekaligus tanda bahwa menghormati orang yang lebih tua. 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x