Mul Naengmyeon, Hidangan Khas Korea di Musim Dingin

More articles

TERKINNI.COM – Jika banyak dari penggemar Korea yang familiar dengan ramyeon, maka kali ini Terkinni akan memperkenalkan salah satu makanan Korea yang cukup sering muncul di dalam drama, yaitu mul naengmyeon.

Mul naengmyeon (물냉면) berasal dari kata mul (air), naeng (dingin) dan myeon (mie), atau dikenal sebagai mie kuah dingin khas Korea.

Mul naengmyeon adalah salah satu hidangan yang dikonsumsi di musim dingin dan menjadi ciri khas kota Pyongyang, Hamheung dan Jinju. Mie ini disajikan dalam kaldu dingin yang terbuat dari daging sapi dan/atau kimchi air lobak Korea (dongchimi).

Cr. Pinterest

Mienya juga diberi topping irisan mentimun, pir Korea, acar lobak, daging sapi rebus, dan telur rebus. Topping ini dikatakan akan semakin menambah rasa manis, tajam, dan gurih dalam hidangan mie.

Pada mulanya, mul naengmyeon ini menjadi makanan favorit di musim panas karena rasanya yang segar, tetapi ketika mul naengmyeon pertama kali muncul di Pyongyang, orang-orang pada saat itu makan hidangan ini di ruangan yang hangat (ondol) di musim dingin. 

Pendapat lain mengatakan bahwa salah satu bahan dasar, dongchimi, akan terasa lebih enak ketika dimakan di musim dingin.


Siapa yang sudah pernah mencoba mul naengmyeon? Tulis review kalian di kolom komentar, ya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x