[TEN MUSIC] Hip Hop of The Month – MINO, “Album Solo ‘XX’ adalah sebuah penantian yang lama”

By Aisya J.

Selamat Hari Natal dan Tahun Baru teman-teman Tenasia! Nggak kerasa sekarang sudah di penghujung akhir tahun 2019. Untuk menutup tahun ini, Tenasia Indonesia kembali dengan corner music bulanan kita, Hip Hop of The Month edisi Bulan Desember! Pasti udah pada tahu dong, rapper terkece seantero K-Pop? Yup, MINO! MINO yang juga merupakan rapper andalan grup WINNER ini juga akhir tahun 2018 resmi debut solo dengan ngeluarin album XX lho, yuk bagi yang belum tahu simak informasi lebih rinci tentang karir solo MINO! 

MINO / credit = YG Entertainment

WHO?

MINO 

Tanggal 26 bulan November 2018 lalu, rapper bernama asli Song Minho tapi lebih akrab disapa MINO ini merilis album solo pertamanya bertajuk ‘XX’ dan meraih sukses dengan title song berjudul ‘FIANCÉ.’ Lagu ‘FIANCÉ’ berhasil sukses dengan meraih enam kemenangan dalam acara musik. Terdapat total 12 lagu dalam album ‘XX’ dimana MINO ikut serta dalam penulisan dan pembuatan semua lagu. 

THE BRIEF INTERVIEW

MINO / credit = YG Entertainment

10. Ini merupakan album solo pertamamu dalam 5 tahun berkarya di industri musik, bagaimana perasaanmu?

MINO. Aku gugup sekaligus deg-degan karena ini merupakan album solo yang telah lama aku nantikan dengan persiapan yang cukup lama juga.

10. Apakah judul ‘FIANCÉ’ memiliki makna tersendiri untuk dirimu? 

MINO. Secara harfiah, fiancé memiliki makna yang cukup dalam. Selama proses pembuatan lagu ini, aku memasukan sedikit nuansa trot (dangdut ala Korea) agar membuat lagu ini lebih segar. Meski memiliki arti yang dalam, fiancé yang aku maksud adalah seseorang yang aku rindukan.

10.  Beberapa tahun ke belakang, kamu aktif dalam program variety, khususnya New Journey to the West. Tidakkah kamu khawatir jika pendengar merasa image-mu sebagai seorang rapper bertolak belakang dengan dirimu dalam New Journey to the West?

MINO. Setelah aku bergabung dengan New Journey to the West, aku juga merasakan bahwa kini aku memiliki image sebagai seorang penghibur hahaha. Mungkin bagi pendengar yang menikmati musikku akan melihat sedikit perbedaan dengan aku yang muncul di New Journey to the West. Itu mungkin karena dalam New Journey to the West aku memiliki image sebagai ‘orang biasa’ dan itu sesuatu yang baru. Namun, aku yakin meski aku muncul sebagai seorang rapper atau di New Journey to the West, penikmat musikku masih bisa bahwa laguku juga enak didengar dan memiliki sisi menarik.

Poster New Journey to the West season 7 / credit = tvN

Memang benar, kini MINO tak hanya sukses sebagai seorang rapper namun ia juga mendulang kesuksesan besar sebagai penghibur melalui New Journey to the West dimana ia bergabung pada tahun 2017. Hingga season 7 yang masih tayang saat ini, penampilan MINO yang setiap season semakin cemerlang dengan tingkah kocaknya juga selalu dinantikan oleh para penonton. 

Sekian rangkaian Hip Hop of The Month tahun ini! Tahun depan kita bakal kembali dengan informasi musisi-musisi Hip Hop yang nggak kalah hits dan lebih up-to date dari sebelumnya! See you next year guys!

Translation by : Aisya Julia aisyajulia@gmail.com

Latest articles

Related articles

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x