[TEN INTERVIEW] Lee Jaewook Merasa Geli Harus Mengucapkan Dialog Romantis dalam Drama ‘Extraordinary You’

By Ilham R.

Aktor Lee Jaewook mengalami kenaikkan popularitas yang luar biasa. Memulai debutnya sebagai Marko Han dalam drama Memories of the Alhambra yang tayang pada tahun lalu, tahun ini ia juga tampil membintangi 2 drama sekaligus yakni dalam drama Search: WWW dan Extraordinary You. Dalam drama Search: WWW ia tampil sebagai lelaki junior yang polos dan bersahabat, sedangkan dalam drama Extraordinary You ia memancarkan pesona dari lelaki yang terlihat antagonis.

Drama Extraordinary You yang sudah tamat pada tanggal 21 November lalu, menceritakan kisah seorang siswi SMA bernama Eun Danoh (Kim Hyeyoon) yang menyadari bahwa ia hanyalah seorang extra yang hidup dalam dunia komik dan berusaha mengubah takdirnya. Lee Jaewook berperan sebagai tunangan dari Eun Danoh yang bernama Baek Kyung. Baek Kyung yang bahkan tidak ragu-ragu mengatakan omongan yang tajam pada Eun Danoh yang tulus mencintainya, dan bahkan bersikap acuh tak acuh saat Eun Danoh sakit. Namun setelah ia mengetahui bahwa ia hidup di dalam komik, Lee Jaewok memancarkan pesona yang membuat kita tak bisa membencinya dengan sosok Baek Kyung yang memperhatikan cinta Eun Danoh dan Haru (Rowoon) dan sosok Baek Kyung yang menyesal melihat perilakunya saat di ‘Stage.’ Lee Jaewook mendapat sebutan ‘Penyebab Second Lead Syndrome’ karena ia berhasil mengekspresikan perubahan perasaan yang rumit dari Baek Kyung, hanya dengan tatapan matanya saja tanpa satu ucapan pun yang keluar dari mulutnya. Setelah drama Extraordinary You berakhir, Tim dari Tenasia Korea berkesempatan untuk mewawancarai Lee Jaewook, Yuk kita simak sama-sama!

10. Rating drama Extraordinary You memiliki rata-rata 3% (Nielsen Korea) tidak terlalu tinggi, tetapi drama ini menjadi topik pembicaraan selama 3 minggu sejak disiarkan menunjukkan antusias dan minat penonton terhadap drama ini. Saat kamu pertama kali melihat naskahnya, apakah kamu merasa ini akan sukses?

Lee Jaewook: Aku tidak merasa begitu. Karena banyak dialog yang menggelikan yang muncul pada drama-drama lama dan pengaturan yang tidak mungkin seperti hidup di dalam komik. Jika akting dan adegan tidak muncul dengan baik, drama ini dapat terlihat seperti kekanak-kanakan. Namun berkat sutradara yang memproduksi dengan baik dan para artis pun memerankan dan menggambarkan setiap karakter dengan baik, oleh karena itu sepertinya banyak penonton yang suka.

10. Apakah kamu menyadari akan popularitasmu?

Lee Jaewook: Aku tidak benar-benar merasakannya, karena sampai sekarang pun aku masih sibuk syuting. Saat awal-awal syuting ada sekitar 10 penggemar yang datang melihatku, tetapi pada saat syuting terakhir pernah juga penggemar datang yang tidak terhitung jumlahnya. Saat itu aku bisa merasakan sedikit popularitas dari drama ini. Aku hanya berterima kasih.

10. Baek Kyung adalah karakter yang bisa terlihat kuat di luar tetapi juga lunak di dalam. Kami bisa merasakan perubahan perasaan saat Baek Kyung mulai peka terhadap dirinya dan mengingat masa lalunya. Sepertinya ada banyak kesulitan karena kamu harus mengekspresikan karakter yang seperti itu?

Lee Jaewook: Dalam drama kali ini, sepertinya aku memerankan hingga 3 karakter sekaligus. Daripada mengekspresikan Baek Kyung yang ada di dalam komik Trumpet Creeper, lebih susah untuk mengekspresikan perbedaan dari Baek Kyung saat di ‘stage’ dan ‘shadow’ yang ada di dalam komik Secret. Walaupun sebenarnya emosinya tidak terlalu berbeda, tetapi aku banyak memperhatikan dan menganalisa perasaan-perasaan yang tidak bisa aku sembunyikan dengan tatapan saat memandang karakter lain, ketika dari ‘stage’ dan ke ‘shadow’.

10. Bagaimana cara kamu menganalisa ekspresimu?

Lee Jaewook: Gaya analisaku adalah sambil melihat akting para senior di drama lain. Aku bisa merasakan perubahan-perubahan yang detail di setiap aktingnya, seperti ekspresi dan tatapan matanya. Baru-baru ini aku menonton film Masquerade, dan aku bisa merasakan, “Ohh ternyata perasaan seperti ini bisa diekspresikan dengan begini.”

10. Dari seluruh respon yang diberikan pemirsa, apakah ada yang paling kamu ingat?

Lee Jaewook: “Aku ingin terjebak di antara Kening Baek Kyung.” Itu adalah respon yang paling aku ingat, hahaha. Aku merasa kagum karena sepertinya mereka mengekspresikan diriku dengan satu kata, Baek Kyung adalah Tsundere, walaupun terkadang kasar tapi membuatku deg-degan.

10. Kamu mendapat sebutan ‘Penyebab Second Lead Syndrome.’ Para pemirsa terbagi menjadi dua tim, tim Rowoon dengan Eun Danoh, dan tim Baek Kyung dengan Eun Danoh. Padahal kamu hanya second lead, kira-kira apa alasan kamu banyak disukai oleh pemirsa?

Lee Jaewook:  Sepertinya pemirsa bisa ikut merasakan kisah yang sedih dari Baek Kyung. Jika hanya melihat kisah Baek Kyung, kisahnya dibuat dengan kokoh hingga tidak ada keburukan walaupun disebut tokoh utama. Aku berterima kasih karena pemirsa melihat hal ini dengan baik.

10. Sosok Seol Jihwan dalam drama Search: WWW dan Baek Kyung berbeda 180 derajat dalam drama Extraordinary You. Sebenarnya sifat aslimu lebih dekat ke mana sih?

Lee Jaewook: Seol Jihwan memiliki sifat 4 dimensi dan Baek Kyung sifatnya kasar. Sepertinya sifatku setengah-setengah dari mereka. Sifat dari Baek Kyung yang tidak bisa mengekspresikan perasaannya dengan jelas dan sifat 4 dimensi dari Seol Jinhwan. Haha 

10. Bagaimana suasana saat syuting di kedua drama? Sepertinya kamu lebih nyaman di lokasi syuting Extraordinary You, karena banyak aktor dan aktris yang sebaya.

Lee Jaewook: Jika di lokasi syuting drama Search: WWW, aku bisa mempelajari sisi profesional dari para senior, dan jika di lokasi syuting drama Extraordinary You lebih banyak bercanda dan ketawa. Kedua drama ini sama-sama memiliki suasana yang harmonis.

10. Jika disuruh memilih, adegan mana yang paling membekas di hatimu?

Lee Jaewook: Adegan dimana aku mengucapkan “Aku memproklamasikan secara resmi” kepada Eun Danoh di pesta ulang tahun Oh Namjoo. Aku ingat adegan itu karena dialognya yang sangat menggelikan haha, aku merasa nyaliku ciut karena harus mengucapkan dialog itu dengan suara yang keras, padahal di sana ada lebih dari 150 orang. Aku berusaha menutup mata dan telingaku semaksimal mungkin.

10. Kamu sepertinya tidak suka ya sesuatu yang menggelikan seperti itu.

Lee Jaewook: Benar, Haha. Pada saat syuting karena banyak dialog ‘My Boys’ kepada aku, Dohwa (Jung Geonjoo) dan Namjoo (Lee Youngdae) kami banyak melakukan reka adegan karena terlalu banyak ketawa. 

10. Apakah ada adegan yang sangat di sayangkan?

Lee Jaewook: Adegan saat aku melepas oksigen dari Eun Danoh. Dalam adegan itu, perasaan Baek Kyung benar-benar kompleks. Eun Danoh mencoba mengubah nasibnya namun ia hanya mati begitu saja. Saat itu Baek Kyung hanya melepas oksigennya agar ia tidak sakit jika berada di Shadow. Karena jika mati di Shadow ia hanya kehilangan kepekaan terhadap dirinya saja. Tetapi Baek Kyung menyadari bahwa dirinya menjadi seorang pembunuh. Ketika dia mencoba melepas oksigennya, muncul memori komik Trumpet Creeper. Lalu dia menjadi sangat frustasi dan menyadari bahwa ia tidak dapat mengubah apa pun. Aku mencoba menunjukkan emosi yang kompleks ini secara singkat, tetapi tidak serasa aku mengekspresikannya dengan jelas. Aku merasa sedih karena aku tidak bisa menunjukkan kinerja yang lebih baik lagi bahkan setelah syuting. 

10. Akting kamu dalam komik Trumpet Creeper sangat berkesan. Terutama dengan rambut gondrongmu yang menarik perhatian. Apakah kamu tidak merasa canggung?

Lee Jaewook: Tentu saja aku merasa canggung, dan itu sangat berat (rambut). Saat awal-awal aku merasa leherku sangat sakit seperti mau lepas rasanya. Seharusnya aku harus terbiasa tapi waktu syutingnya terlalu mepet. Sangat disayangkan juga aku tidak bisa benar-benar menirukan suara dialog ala drama kolosal.

10. Apakah ada karakter lain yang ingin kamu coba?

Lee Jaewook: Aku ingin mencoba karakter Dohwa. Karakter dia sangat mempunyai daya tarik karena dia sangat jujur, lucu, dan mempunyai visi. Sepertinya seru jika aku bisa memerankan karakternya. 

10. Apakah kamu tidak menyesal karena tidak muncul dalam komik baru yang telah menjadi seorang mahasiswa?

Lee Jaewook: Walaupun tidak muncul dalam dramanya, tetapi aku merasa dia ada di dalam komik itu. Aku berpikir karena ini adalah kisah takdir dimana Eun Danoh dan Haru bertemu, jadi aku merasa aku tidak perlu ada di situ. Walaupun kali ini Baek Kyung tidak muncul, tetapi aku merasa jika penulisnya ingin membuat karakter Baek Kyung pasti dia akan muncul hahah.

10. Penampilanmu dalam drama Search: WWW dan Extraordinary You sangat sukses. Sepertinya kamu merasa beban karena kamu belum debut selama setahun.

Lee Jaewook: Iya itu benar jika aku merasakan beban. Tetapi aku tidak merasa akan ada hambatan dalam hal berakting walaupun aku merasa tertekan. Aku akan selalu berusaha untuk menunjukkan akting yang baik karena banyak orang-orang yang mendukungku, Lee Jaewook sebagai aktor.

Lee Jaewook

10. Apakah ada karakter atau genre drama yang ingin kamu coba?

Lee Jaewook: Aku ingin sekali mencoba drama Noir. Biasanya film-film yang aku suka berisi cerita tentang dunia laki-laki dan seperti karakter gangster.

10. Kamu juga bermain dalam drama mendatang. Apakah kami boleh menantikan sisimu yang baru kali ini?

Lee Jaewook: Tentu saja. Aku akan menunjukkan sisiku yang seru lewat karakterku yang berubah 180 derajat. Aku akan berterima kasih jika menantikanku.

10. Apakah ada penghargaan yang ingin kamu capai?

Lee Jaewook: Aku ingin mendapat penghargaan aktor pendatang baru. Tidak apa-apa walaupun tidak tahun ini. Tetapi jika ada penghargaan itu, aku ingin sekali mendapatkannya.

10. Kamu menilai Extraordinary You sebagai drama apa?

Lee Jaewook: Melalui karakter Baek Kyung aku dapat menunjukkan sisi yang sedih, sisi yang baik dan sisi yang jahat pula. Ini adalah drama yang jelas-jelas berbeda dengan drama Search: WWW. Aku akan mengingat drama ini sebagai karya yang bernilai dihidupku. 

Original article: http://tenasia.hankyung.com/archives/1864323

Translations by: Ilham Ramadhan ilhamrams@gmail.com  

Latest articles

Related articles

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x