Kembali Terkuak, 1 Member I.O.I Juga Debut dengan Manipulasi Voting

By Ilham R. 

Hari ini ditemukan fakta bahwa ada member yang berada di luar peringkat debut dalam grup pentolan Mnet Produce, IOI.

Pada hari ini pengacara Kim Taehwan yang bertindak sebagai perwakilan hukum untuk komite pencari fakta kasus Mnet Produce 101 mengatakan dalam sebuah wawancara telepon bersama Tenasia, “Setelah memeriksa surat dari hasil penuntutan, benar bahwa salah satu dari member debut Produce 101 season 1 telah diubah.”

Pengacara Kim menjelaskan, dalam kompetisi siaran final Produce 101 season 1, si A dikeluarkan dari daftar debut dan si B yang tidak berada dalam daftar debut dimasukkan ke dalam grup debut.

Menurut dakwaan yang diajukan kepada Majelis Nasional oleh Kantor Kejaksaan Distrik Pusat Seoul sebelumnya, total empat peringkat ditemukan telah direkayasa dalam putaran pertama Produce 101 season 1. Pada saat itu, tim produksi memasukkan dua trainee yang sudah keluar dari putaran pertama 61 besar, dan mengeluarkan 2  trainee dari peringkat 61 besar tersebut.

Namun, skandal manipulasi seri Produce diperkirakan akan terus berlanjut, karena dakwaan penuntutan terhadap presiden diketahui telah direkayasa dalam klasemen grup debut dari musim pertama hingga musim terakhir. Terlebih, yang paling menarik adalah manipulasi peringkat debut IOI tidak dimanipulasi oleh Ahn Joonyoung PD melainkan kru Produce yang lain, dan membuat publik semakin berspekulasi apakah kalangan atas juga ikut terlibat.

Original article: http://tenasia.hankyung.com/archives/1875019

Translations by: Ilham Ramadhan ilhamrams@gmail.com 

Latest articles

Related articles

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x