Saham SM Naik Karena SuperM? JYP Ent. hingga Rumah Produksi Drama, Saham Agensi Hiburan Korea Alami Lonjakan Signifikan

By Aisya J.

Saham di sektor hiburan, KOSDAQ, mengalami peningkatan setelah kemerosotan panjang. Nampaknya, perusahaan besar Korea akan menunjukkan hasil mengejutkan dalam kuartal ketiga tahun ini.

Menurut KOSCOM (perusahaan solusi finansial berbasis IT), indeks sektor hiburan dan budaya KOSDAQ mengalami peningkatan sebesar 9,55% dari hari penutupan pada tanggal 18 November kemarin. Di antara 34 indeks KOSDAQ, ini merupakan kenaikan tertinggi kedua.

Saat ini, sektor hiburan dan budaya KOSDAQ terdiri dari perusahaan-perusahaan hiburan seperti Studio Dragon, SM Entertainment, JYP Entertainment, YG Entertainment, Keyeast, dan masih banyak lainnya.

Baru-baru ini, saham hiburan mengalami peningkatan yang signifikan. Studio Dragon sebagai kapitalisasi pasar terbesar kelima KOSDAQ, dalam sebulan terakhir mengalami kenaikan harga saham sebesar 13,45%. Harga saham melonjak pesat karena keuntungan hak publikasi dari drama Arthdal Chronicles yang memuaskan.

Khususnya, permintaan untuk layanan OTT (Over The Top; layanan video secara live) seperti Netflix yang semakin meninggi dan perusahaan konten utama seperti Studio Dragon diperkirakan akan membuka pendapatan dengan positif di tahun depan.

Dalam jangka waktu satu bulan, perusahaan Showbox dan NEW yang memproduksi, berinvestasi, dan mendistribusikan film dan drama, juga memperlihatkan harga saham yang naik di angka 9,24% dan 7,98%. Sementara perusahaan Dexter, rumah produksi dari serial film Along with the Gods, juga mengalami peningkatan menjadi 19,29%

Selain itu, perusahaan hiburan besar idol group, SM dan JYP, saat ini sedang mengalami kenaikan. Dalam sebulan, saham SM mampu naik sebesar 10,13% dan JYP Entertainment sebesar 8,29%. Namun, karena kasus Burning Sun yang masih menjerat, YG hanya mampu menaikkan sahamnya sebesar 0,79%.

SuperM, idol group yang dirancang untuk menargetkan pasar global juga sepertinya berdampak pada saham SM Entertainment. Hanya selang satu hari setelah debut SuperM di Amerika, saham SM Entertainment melonjak pesat sebesar 8,13%. JYP juga memberikan kejutan dengan kenaikan sahamnya sebesar 14,8 M won pada kuartal ketiga tahun ini. Saham JYP bahkan melebihi dugaan. Saham JYP tahun depan diprediksi akan lebih baik daripada tahun ini.

Ahli Hana Financial Investment menyampaikan pendapatnya tentang kenaikan saham perusahaan hiburan Korea, “Ini bisa menjadi tahun pertama bagi perusahaan produksi drama untuk memperluas OTT selain di Netflix dan untuk mengantisipasi penurunan kepopuleran BTS, agensi hiburan setidaknya akan mendebutkan enam grup baru untuk kembali menyebarkan Korean Wave secara global.”

Original article : http://tenasia.hankyung.com/archives/1858366

Translation by : Aisya Julia aisyajulia@gmail.com

Latest articles

Related articles

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x