10 Film Korea Terseram yang Bisa Bikin Bulu Kuduk Merinding

By Yuri H.

Happy Halloween teman-teman ten Indonesia! Sudah ada rencana untuk Halloween hari ini? Tenasia Indonesia menyiapkan list khusus film –film horror korea terseram yang cocok dijadikan “teman” melewati Halloween malam ini. Ajak teman-teman kamu untuk nonton bareng biar seru, dan nikmati kengerian dari film-film yang bisa bikin bulu kuduk merinding ini!

1.       The Wailing (2016)

The Wailing (Bahasa Korea: 곡성) adalah film horor psikologis supranatural yang disutradarai oleh Na Hong-jin dan dirilis pada tahun 2016. Berkisah tentang seorang polisi yang menyelidiki serangkaian kasus pembunuhan dan penyakit misterius  Film ini sukses secara komersial dan mendapat banyak pujian dari film kritik. 

2.       Gonjiam: Haunted Asylum (2018)

Film yang diangkatkan dari urban legend menyeramkan yang menyelimuti Rumah Sakit Gonjiam. Rumah Sakit Jiwa yang dibangun pada tahun 1950an di daerah Gwangju ini berada di wilayah perbukitan yang juga dikelilingi hutan lebat. Film ini dibuat dengan format found footage dari seorang youtuber yang datang bersama enam temannya untuk melakukan uji nyali di Rumah Sakit Gonjiam untuk mendapatkan viewers dan popularitas.

3.       A Tale of Two Sister (2003)

Film garapan sutradara Kim Jee-won ini diangkat dari cerita rakyat yang berasal dari era dinasti Jeoseon yang disebut ‘Janghwa Hongryeon jeon’ dan telah diadaptasi ke beberapa film. Berkisah tentang pasien kejiwaan yang baru saja keluar dari rumah sakit dan kembali ke rumahnya untuk bertemu dengan ayah, adik dan ibu tirinya. Cerita berpusat pada konflik yang terjadi pada anak-anak dan ibu tirinya dan sosok penampakan yang menghantui rumah mereka. 

4.       Train to Busan (2016)

Train to Busan menjadi film korea pertama pada 2016 yang mencetak rekor lebih dari 10 juta  penonton. Film yang menggambarkan seorang duda (Gong Yoo) yang sedang membawa putrinya berlibur untuk mengunjungi ibunya di Busan, dikagetkan dengan serangan para  zombie. Virus zombie tersebut dipercayai dibawa oleh salah seorang gadis dalam kereta tersebut yang kemudian menyebar dalam hitungan detik.

5.       The Silenced (2015)

berlatar belakang pada tahun 1938 di Gyeongseong, film ini mengisahkan seorang pelajar muda (Park Boyoung) yang dipindahkan ke suatu asrama untuk menyembuhkan penyakitnya. Namun, hal misterius terjadi saat dia mulai menyadari teman-temannya hilang. 

6.       Thirst (2009)

“Thirst” adalah sebuah film tentang seorang pastur (Park Chan-wook) yang bertransformasi menjadi vampir melalui medical experimentnya. Sejak saat itu, orang-orang mempercayainya memiliki keahlian khusus untuk menyembuhkan penyakit. Walau sebenarnya tujuan utamanya adalah untuk memenuhi hasrat ingin mengosumsi darah  dan seksualnya. Dia pun jatuh cinta pada salah satu pengunjung, yang tak lain adalah istri dari temannya (Kang Woo). Jati dirinya sebagai vampir tidak bisa terlepas

7.       The Host (2006)

Menceritakan sebuah makhluk bawah laut yang terbentuk oleh ulah seorang tentara Amerika (Scott Wilson) yang memerintahkan seorang asistennya berkewarganegaraan korea (Brian Lee) untuk menumpahkan bahan kimia, mengalir  ke Han river. Makhluk yang terbentuk setelah bertahun-tahun itu kemudian muncul untuk menyerang permukiman warga dan mulai memakan korban.

8.       Death Bell (2008)

Film dimulai ketika sekelompok siswa SMA terpilih dengan nilai terbaik dan guru pengajar mengikuti kelas tambahan di libur musim panas. ketengangan dimulai ketika satu persatu dari mereka menghilang lalu terkunci dan mengalami penyiksaan bahkan kematian oleh suara misterius. Tidak ada satupun dari mereka yang bisa kabur maupun menghindar dari tes, atau  kematian di depan mata. Mereka harus menyelesaikan soal-soal yang diberikan untuk menyelamatkan nyawa teman-teman dan para guru.

9.       The Red Shoes (2005)

Sejak pisah dengan suaminya, Sun-jae (Kim Hye-Soo) dan anak perempuannya Sung-Joon (Lee Eol) tinggal di sebuah apartemen tua yang angker. Hidupnya dihantui dengan kegelisahan semenjak membawa pulang sepasang heels merah yang ditemukan di dalam busway saat diperjalanan pulang. Sun-jae harus mencari tahu asal-usul sepatu itu untuk menghilangkan kutukan yang menyelimuti dirinya.

10.   Cinderella (2006)

Cinderella bercerita tentang seorang anak perempuan berumur 17 tahun, Hyunsu (Shin Se-Kyung), yang tinggal bersama ibunya,  Yoon-Hee (Do-Ji won) yang berprofesi sebagai dokter bedah plastik. Mengetahui pekerjaan ibunya, secara bergantian teman-teman Hyunsu mulai berkunjung untuk melakukan bedah plastik. Namun, sejak saat itu, teman-teman Hyunsu mulai mengalami kejadian-kejadian aneh dan menyeramkan, bahkan hingga meninggal begitu saja. Hyunsu pun mulai mencari tahu penyebab dari kematian teman-temannya.

Latest articles

Related articles

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x