[TENmusic] Hip Hop Scene of The Month – DPR (Dream Perfect Regime)

More articles

by Ilham R.

Logo resmi DPR ‘Dream Perfect Regime’ / Credit: akun Instagram resmi DPR

Happy October! Nggak kerasa nih sekarang sudah hampir di penghujung bulan Oktober. Eits, kalian nggak lupa kan kalau Tenasia Indonesia punya corner Hip Hop Scene of The Month? Yap, karena ini sudah di penghujung bulan Oktober, Tenasia Indonesia bakal umumkan ke kalian Hip Hop Scene of The Month bulan Oktober ini! Setelah bulan lalu kita udah ngebahas musisi hip hop kakak beradik Lil Cheery dan JitoMo, sekarang  Hip Hop Scene of the Month bulan ini kita akan ngebahas grup musik DPR! Sudah pada tau belum? DPR adalah sebuah kolektif kreatif independen yang memproduksi musik dan video. Yuk kita simak biografi singkatnya sama-sama!

WHO?

DPR adalah singkatan dari kata ‘Dream Perfect Regime’ yang berarti mimpi yang terwujud dengan sempurna. DPR berisi musisi-musisi hebat yang berasal dari Korea, Rapper DPR LIVE, lalu ada produser sekaligus vokal DPR CREAM, produser musik video DPR +IAN, dan yang terakhir creative director DPR REM. DPR LIVE selalu membuat steady seller di setiap lagunya seperti ‘Martini Blue,’ ‘Jasmine,’ ‘Action!(feat.GRAY)’ hingga album pertamanya ‘Coming To You Live’ yang berkolaborasi bersama musisi-musisi terkenal seperti Loco, Jay Park, Dean, hingga DUMBFOUNDEAD. Ia juga pernah berkolaborasi bersama Bae Suzy dalam mini album ke-2 Suzy dengan title song ‘Holiday.’ Januari lalu, dalam channel Youtube terkenal ‘COLORS’ ia tampil membawakan lagu ‘Text Me’ dan berhasil menarik perhatian penggemar mancanegara.  

DPR CREAM sangat jenius dalam melakukan lintas genre. Termasuk lagu ‘Text Me,’ dia banyak mengomposisi dan mengaransemen lagu yang tak terhitung jumlahnya bersama DPR LIVE seperti lagu ‘Martini Blue,’ ‘Laputa (feat.CRUSH),’ dan lain-lain. Pada tanggal 5 Juli lalu, ia merilis album solo pertamanya  bertajuk ‘The Voyager 737.’ Di album ini DPR CREAM untuk pertama kali menyumbangkan suara vokalnya. Dia sangat mahir bermain alat musik, sehingga ia mendapat julukan ‘Keyboard Genius.’ Pada tanggal 27 di bulan yang sama, ia bersama DPR LIVE merilis digital single ‘Gravity’ kolaborasinya bersama Adidas di seluruh platform musik Korea.

DPR CREAM    
DPR LIVE

THE BRIEF INTERVIEW

1.    Setelah bergabung bersama DPR, kamu untuk pertama kalinya memperdengarkan suaramu lewat album ‘The Voyager 737.’ Sejak kapan kamu memikirkan album itu?

DPR CREAM : Sebenarnya dari dulu aku sudah berpikir untuk menunjukkan vokalku, namun aku belum bisa memutuskannya secara jelas. Saat aku bergabung bersama DPR, aku merasa karena kita melakukannya bersama-sama jadi sama sekali tidak ada pikiran tentang itu. Namun saat aku sedang asyik sendiri membuat lagu, aku ketahuan oleh si Ian (DPR +IAN) Haha. Aku melarang Ian untuk memberitahu ini kepada siapapun, tetapi setelah 3 hari ada telepon yang menyuruhku untuk datang ke kantor dengan tergesa-gesa, haha. Saat aku tiba di kantor, tiba-tiba sudah ada tim yang menungguku. Mereka langsung mengajakku untuk mengerjakannya (album) dan album itu mulai disiapkan pada bulan April.

2.       Apa yang ingin kamu tunjukkan lewat ‘The Voyager 737’ ?

DPR CREAM : Saat sebelum aku bergabung dengan DPR, aku pernah berpikir tentang titik lemahku. Walaupun aku suka crossover, aku bisa hip hop, orchestra, rock dan berbagai macam genre lainnya, tetapi aku merasa tidak memiliki ciri khas apapun. Namun, adik-adik di DPR mengatakan malah sebaliknya itu adalah ciri khas atau warnaku. Sebenarnya ada banyak genre yang ingin kutunjukkan. Aku baru menunjukkan 2% dariku dalam ‘The Voyager 737.’

3.       Apa proyekmu saat ini?

DPR LIVE : Aku beristirahat setelah menyelesaikan rangkaian tur duniaku. Jika ingin membuat karya seni yang bagus kita harus mendapat inspirasi, tetapi karena saat itu aku sedang tur, sepertinya aku banyak menghabiskan tenaga secara fisik dan mental. Jika dalam keadaan itu aku langsung membuat karya, aku rasa aku tidak bisa membuat karya yang bagus untuk para penggemar. Nanti setelah masa liburku sudah selesai, aku akan memulai membuat karya beberapa bulan sebelumnya.

4.   Apakah tidak ada rencana untuk menjual item baru? Karena kami lihat, fashion item yang ada di situs resmi DPR sudah terjual habis.

DPR LIVE : haha kalau itu kemauan para penggemar, aku akan membuatnya.

5.  Para member DPR secara utuh terhubung dalam membuat lagu bersama-sama. Bagaimana proses munculnya ide-ide itu?

DPR CREAM : Suasana kami saat di studio seperti sedang bermain bersama. Jadi saat itu kami saling bermain, mengobrol dan bertukar ide.

6.  Apa rencana aktivitasmu di paruh kedua tahun ini? Apakah kalian akan mengadakan konser solo seperti bulan Januari?

DPR LIVE: Di paruh kedua tahun ini, kami berencana untuk membuat lebih banyak musik lagi dan melakukan interaksi menyenangkan bersama para penggemar. Kami juga akan tampil dalam panggung yang diadakan oleh 88rising pada bulan Agustus mendatang. Di sana,  kami akan menampilkan lagu ‘Gravity.’ Konser solo, hmm itu juga salah satu hal yang sangat ingin kami lakukan.

Cover album single ‘Gravity’ / Credit: dreamperfectregime

Album ‘Gravity’ adalah lagu yang dirilis oleh DPR LIVE & DPR CREAM. Lagu ini adalah lagu kolaborasi para member DPR dengan brand ternama Adidas. Adidas lah yang pertama kali mengajak DPR untuk berkolaborasi. 

Ilham Ramadhan ilhamrams@gmail.com

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x