Persaingan Sengit Para Idol di ‘Global TOP TEN Awards’ Dari Kang Daniel, Ha Sungwoon, Stray Kids, Hingga NU’EST!

More articles

by Ilham R.

Babak penyisihan dari “TEN Asia K-Pop Global TOP TEN Awards”, dimana para penggemar K-Pop dari 10 negara Asia dapat berpartisipasi dengan memberikan voting melalui online dan mobile, telah berakhir pada tanggal 14 Oktober lalu. 8 grup yang lolos kualifikasi akan memenangkan grup paling populer di Asia yang dikelompokkan per Negara dan dipilih dari voting final pada tanggal 16 Oktober hingga 29 Oktober. 

Acara kedua tahun ini diadakan untuk memperingati penerbitan edisi ke-100 majalah hiburan Ten Asia “TEN STAR”. Voting bintang K-pop ‘Ten Star’ untuk babak penyisihan dimulai dari awal Oktober hingga tanggal 14 Oktober kemarin. 30 kandidat grup telah dipilih dari peringkat chart musik dan rekor penjualan album. Dalam dua minggu, jumlah total suara mencapai 1.474.931 suara, lebih banyak 3 kali lipat dari tahun lalu.

Negara dengan pemilih terbanyak adalah Korea Selatan, di mana penyanyi solo Kang Daniel berhasil meraih peringkat pertama dengan total suara 49,07 persen. Kang Daniel juga meraih peringkat atas di Vietnam dan Hong Kong sehingga menempati urutan pertama dalam jumlah perolehan suara total dan maju dalam babak final.

Penyanyi solo Ha Sungwoon memenangkan dua penghargaan di Jepang dan Hong Kong. Ha Sungwoon yang berusaha mengejar posisi Kang Daniel pada voting di Korea, berhasil naik ke peringkat 2 di Vietnam dan membuktikan dirinya sebagai ‘Global Trend.’ Sedangkan grup NU’EST melewati babak penyisihan dengan menduduki peringkat pertama di 2 negara yakni Malaysia dan Vietnam. 

Dua finalis grup, Super Junior dan GOT7, masing-masing berhasil maju ke babak final dengan jumlah voting yang luar biasa di Cina dan Thailand. Super Junior mencapai 67,75 persen suara di Cina,dan berhasil menduduki urutan teratas dengan selisih terbesar dengan urutan kedua di antara 10 negara. Sementara itu di Thailand, GOT7 mencapai total 61,78% suara. Secara khusus, setelah tahun lalu menduduki peringkat pertama, GOT7 sekali lagi membuktikan hati para penggemar yang tidak berubah dengan mencapai peringkat pertama pada tahun ini.

Tahun lalu, Infinite, yang berada di peringkat pertama di Malaysia, memasuki babak final dengan suara terbanyak di Taiwan. Lalu ada ASTRO yang pertama kali menantang dirinya dalam voting ini, naik ke urutan satu di Filipina dan muncul sebagai kuda hitam baru.

Pertarungan yang paling sengit untuk voting suara adalah Indonesia, di mana persaingan yang paling intens dari Stray Kids, yang memimpin dengan 35,8 persen suara dan mengalahkan NCT Dream di peringkat kedua dengan perbedaan poin 1,22 persen.

  • Berikut daftar pemenang dari TEN Asia K-Pop Global TOP TEN Awards berdasarkan Negara:
  • Korea = Kang Daniel
  • Cina = Super Junior
  • Jepang, Hongkong = Ha Sungwoon
  • Taiwan = Infinite
  • Vietnam, Malaysia = NU’EST
  • Indonesia = Stray Kids
  • Thailand = GOT7
  • Filipina = ASTRO

 Original article: http://tenasia.hankyung.com/archives/1831673

Translations by: Ilham Ramadhan ilhamrams@gmail.com

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x