BTS Guncang Arab Saudi, Ubah Malam Biasa jadi ‘Arabian Night’

by Aisya J.

BTS gelar konser bertajuk LOVE YOURSELF: SPEAK YOURSELF di King Fahd International Stadium / credit = BigHit Entertainment

Sihir BTS tak mengenal negara dan wilayah. Orang-orang Arab Saudi, yang dianggap tidak mengikuti perkembangan zaman, ternyata juga mampu ikut menyanyikan lagu-lagu BTS dalam bahasa Korea tanpa kecuali. Lagu dan penampilan BTS membuat Arab Saudi bergoyang.

Pada tanggal 11 Oktober lalu, BTS menggelar konser bertajuk LOVE YOURSELF: SPEAK YOURSELF di King Fahd International Stadium yang dimulai pada pukul 19.30 waktu setempat. BTS adalah penyanyi luar Arab Saudi pertama yang mengadakan pertunjukan solo di Stadion Riyadh.

Meski Stadion Riyadh dapat mencakup sebanyak 70.000 penonton, tetapi konser BTS ini dibatasi untuk 30.000 penonton saja. Sekitar 30.000 ARMY (fandom BTS) berkumpul dan memeriahkan konser BTS di Arab Saudi.

Seperti pada konser-konsernya, selama konser berlangsung BTS berlari mengelilingi panggung Stadion Riyadh yang membentuk huruf T sekitar 2 jam 40 menit dan menyapa para penggemar. Tata panggung yang sama dengan konser BTS sebelumnya tidak menyulitkan mereka untuk berlari kesana kemari menyapa para penggemar. BTS membuka penampilan dengan menyanyikan lagu ‘Dionysus.’ BTS melanjutkan penampilan dengan menyanyikan lagu ‘Not Today.’ Setelah penampilan itu, para member BTS menyapa ARMY satu persatu. Mereka menyapa ARMY dengan menggunakan Bahasa Arab, Bahasa Korea, dan Bahasa Inggris. Leader BTS, RM, mengucapkan kata Riyadh dan Saudi Arabia dengan logat Saudi Arabia, “Al-Riyadh!! Saudi!!” Dilanjutkan Jin berteriak, “Al-Riyadh! Unbelievable!” V yang tersentuh dengan para ARMY Arab Saudi mengatakan, “ARMY! I love you!” dalam bahasa Arab. Saat melakukan pertunjukkan, V tersenyum penuh dengan ketulusan saat melihat dan merasakan cinta yang begitu besar dari ARMY. Tak lupa J-Hope mengucapkan, “Sukron,” yang artinya terima kasih dalam bahasa Arab.

Sebagai sebuah grup atau penyanyi luar negeri pertama yang tampil di stadion besar di Arab Saudi, semua member BTS menunjukkan kegembiraan mereka di setiap kalimat yang mereka ucapkan. RM mengatakan, “Meski kita (BTS dan ARMY Arab Saudi) terpisah ribuan mil, kami tahu bahwa kalian memberi cinta dan dukungan yang besar untuk kami.” Jungkook juga mengatakan, “ARMY memberi sayap sehingga kami bisa terbang dari Korea untuk datang ke Arab Saudi.”

Dalam konser BTS di Arab Saudi, ARMY yang kebanyakan wanita ikut menyanyikan lagu BTS dengan menggunakan bahasa Korea. Arab bernyanyi bersama lirik Korea dan Inggris BTS dengan keras. Bahkan orang-orang yang menonton penampilan BTS dengan sopan di awal pertunjukan, pada akhirnya ikut menari dan bernyanyi bersama BTS. Radwan Atawil, seorang warga Yordania yang telah tinggal di Arab Saudi selama 34 tahun mengatakan, “Saya belum pernah melihat pemandangan seperti ini. Ini luar biasa. Saya pikir remaja menjadi lebih bahagia dan memiliki pikiran yang terbuka,” sambil mengangkat tinggi jempolnya.

Kali ini para member BTS menampilkan pertunjukkan solo mereka. Jimin muncul seperti bunga yang baru mekar dalam sebuah kaca besar dan menyanyikan lagu ‘Serendipity.’ Selain Jimin, RM juga menyanyikan lagu solonya berjudul ‘Trivia : LOVE,’ lalu Jin menyanyikan lagu ‘Epiphany’ sambil memainkan piano. Para ARMY Saudi Arabia semakin histeris melihat wajah V ditampilkan di monitor besar sebelum memulai penampilan ‘Singularity.’ Bahkan seorang penjaga keamanan sampai memandangi monitor besar dan bertanya pada wartawan siapa nama dari anggota BTS itu. Ketika Suga menampilkan ‘Trivia: Seesaw,’ gambar background berubah menjadi sebuah kota yang telah dipenuhi cahaya berwarna ungu. Warna ungu merupakan warna yang memiliki makna khusus untuk BTS dan ARMY.

Tentu saja konser ini merupakan momen yang berharga untuk para ARMY. Dalam pertunjukkan encore,  para anggota memberikan kejutan dengan menyanyikan lagu selamat ulang tahun kepada Jimin, yang ulang tahunnya jatuh pada tanggal 13 Oktober. Para member BTS mengatakan pada Jimin, “Kami bahkan harus latihan dulu untuk melakukan kejutan ini. Bagaimana? Bagus, kan?” Jimin menjawab, “Karena hari ini aku akan bertemu dengan kalian, aku jadi lupa hari ulang tahunku. Hari ulang tahunku lebih bahagia karena aku bisa menghabiskan waktu bersama ARMY dan para member. Terima kasih.”

BTS yang mengakhiri konsernya dengan sukses mengatakan kalimat penutup dimana mereka berharap bahwa suatu saat bisa kembali lagi ke Arab Saudi. V mengatakan, “Aku tidak percaya bahwa kami bisa melakukan konser di stadium besar seperti ini. Suatu saat aku ingin kembali ke sini. Sepertinya aku bisa kembali ke Korea dengan perasaan yang bahagia. Sampai ketemu  lagi ya!” Suga mengatakan, “Meski ini pertama kalinya kami kesini tapi aku kaget antusias kalian begitu besar. Kami boleh kesini lagi, kan?” Jimin melanjutkan, “Berkat kalian, lebih banyak orang yang mendukung kami dan aku bisa merasakan itu.” Jin yang tak lagi bisa mengungkapkan kebahagiaannya dengan kata-kata mengatakan pada penerjamah, “Mohon maaf, bisakah Anda menyampaikan bahwa kami benar-benar terharu?” yang membuat seisi stadium tertawa. Lalu Jin mengatakan, “I love you, ARMY.”

Pertunjukan di Arab Saudi merupakan pertunjukkan pertama BTS setelah menyelesaikan liburan panjangnya. J-Hope berkata, “Teriakan ini, suasana ini, aku benar-benar merindukannya. Terima kasih telah membuat tempat ini menjadi bermakna untuk kami. Sukron.” RM salam perpisahannya menggunakan bahasa Inggris. Ia berkata, “Aku tidak menyangka bahwa kami akan melakukan konser di sini. Terima kasih kepada ARMY yang membuat hal ini menjadi nyata.” Lalu sambil menunjuk ke bulan purnama di atas langit Stadium Riyadh, RM menambahkan, “LIhatlah bulan purnama di atas sana. Meski kami kembali ke Korea malam ini, ingatlah kami selalu. Kalian adalah bintang-bintang yang selalu bersinar untuk kami.”

BTS akhirnya juga mampu memanaskan jantung semenanjung Arab, Saudi Arabia dan bahkan diberitakan pada media besar Arab seperti  Al Riyadh, Al-Jazeera, OKAZ, dan Al-Arabiya.

Konser tur ‘LOVE YOURSELF: SPEAK YOURSELF’ akan ditutup dengan konser yang akan diadakan di Korea pada yanggal 26, 27, dan 29 Oktober di Jamsil Olympic Stadium, Seoul. Lalu BTS kembali akan disibukkan dengan jadwal globalnya pada bulan Desember di Amerika Serikat.

Original article : http://tenasia.hankyung.com/archives/1829816

Translation by : Aisya Julia aisyajulia@gmail.com

Latest articles

Related articles

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x